Wednesday, March 3, 2010

Turki, kapan yah aku kesana

Hari ini sangat tertarik dengan satu kota yang kebetulan akan dikunjungi ama Bosku...negara itu adalah Turki...wah salah satu negara yang sangat aku kagumi...
yah, selain menitip oleh-oleh aku juga menitip namaku disebut tiga kali selama berada di negara tersebut, wah...kapan yah aku dapat rejeki kesana???
nah, untuk mengobati rasa pengen kesana , aku hunting liat2 di internet en berikut ada beberapa informasi tentang negara tersebut..tapi kok masih belum ketemu ama jenggot nabi yah???

Istanbul atau Istambul ( bahasa Turki: Ístanbul ) adalah kota terbesar di Turki. Hingga 1930 kota ini lebih umum dikenal melalui nama Yunaninya Konstantinopel oleh orang-orang Barat; beberapa orang memanggilnya Stambul, khususnya pada abad ke-19. Lebih jauh ke masa lalu kota ini juga pernah dikenal sebagai Bizantium atau Byzantion.

Dengan populasi sebesar 11 hingga 15 juta, Istanbul adalah kota yang terpadat penduduknya di Turki dan merupakan salah satu kota terbesar di Eropa.

Kota ini juga merupakan ibu kota administratif Provinsi Istanbul.

Didirikan kira-kira pada abad ke-7 SM.Pada tahun 330, kota itu dijadikan sebagai ibu kota Romawi olehKonstantin di tempat koloni Yunani kuno bernama Bizantium, dan dinamakan Konstantinopel untuk menghormatinya, kota ini menjadi ibu kota timur kekaisaran Romawi dan kemudian menjadi ibu kota kekaisaran Romawi Timur pada tahun 395.Pada tahun 1453, Konstantinopel berhasil direbut oleh Kesultanan Ottoman dibawah pimpinan Sultan Muhammad II. Atas keberhasilannya, ia dijuluki "al-Fatih" (Sang Penakluk). Kemudian nama Konstantinopel diganti menjadi Istanbul yang berarti kota Islam. Setelah jatuhnya Konstantinopel pada 1453 kota ini menjadi bagian dan kemudian ibu kota Kekaisaran Ottoman. Sebelum perebutan tersebut, bangsa Turki memanggilnya dengan nama Ístanbul, tetapi secara resmi menggunakan nama Qustantaniyyeh, yang berarti "Kota Konstantin" dalam bahasa Arab. Hanya pada 28 Maret 1930 kota ini dinamakan kembali sebagai Istanbu.

INFORMASI UMUM MENGENAI ISTANBUL

GEOGRAFI

Luas wilayah : 1,830.92 km2 (706.9 sq mi)
Populasi Penduduk : 11,372,613
Iklim / cuaca :
[hide] Weather averages for Ístanbul

Month Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Average high °C (°F) 8 9 11 17 21 26 28 28 25 19 15 11

(46) (48) (52) (63) (70) (79) (82) (82) (77) (66) (59) (52)
Average low °C (°F) 3 3 4 8 12 16 18 18 15 12 8 5

(37) (37) (39) (46) (54) (61) (64) (64 ) (59) (54) (46) (41)


Source : Weather.com[27] January 6, 2009

Zona Waktu
Winter GMT+2 dan summer GMT+3
Perbedaan waktu antara Istanbul dan Jakarta adalah 4 jam lebih awal.

Bahasa
Turki dan lainnya seperti : Siprus, Kosovo, atau Makedonia.

Contoh ucapan yang biasa digunakan
Hello - Merhaba
Terima Kasih - Tesekkur Ederim
Sampai Jumpa - Gorusmek Uzer


OBJEK WISATA di ISTANBUL

1. Blue Mosque


Disebut Blue Mosque karena desain interior bangunan masjidnya berupa keramik Iznik berwarna biru. Iznik merupakan pusat mode keramik di zaman Ottoman di samping Kutahya. Masjid ini dibangun tahun 1609. Masjid dengan 6 minaret (menara) ini mengikuti desain arsitektur Makkah. Sungguh sangat mengagumkan arsitektur Islam sejak zaman dahulu.



Di langit-langit kubahnya terdapat tulisan ayat Al-Quran, terdapat tempat untuk mengumandangkan adzan, tanda arah kiblat berbentuk anak panah yang diukir di dinding, tempat imam memimpin sholat, mimbar (tempat imam berkotbah saat sholat jumat) yang berbentuk seperti podium dengan anak tangga setinggi 3 meter, dan tempat Sultan melaksanakan sholat yang aman dan terlindung.

2. Topkapi Palace



Topkapi adalah istana terbesar dan tertua di dunia. Pada tahun 1924 ia menjadi sebuah museum di Atatiirk. Terletak pada acropolis, salah satu pemukiman di Istanbul, yang mengesankan dari Golden Horn, antara Bosphorus dan Laut Marmara. Istana adalah kompleks dikelilingi oleh 5 km dari dinding dan menduduki suatu wilayah 700.000 sq m. Berbagai tegel, woodwork dan gaya arsitektur ditampilkan di Istana Topkapi mencerminkan perkembangan seni Turki dan harmonis keberadaan berbagai gaya selama berabad-abad.

begitu masuk dalam istana / musium Topkapi ini kita akan disambut seseorang yang membaca ayat-ayat suci Alquran. Selama 407 tahun, dari tahun 1517 sampai 1924, 24 orang hafal Alquran (hafiz) membaca ayat-ayat suci selama 24 jam nonstop.

Yang dapat dilihat di ruangan ini, antara lain tapak kaki Nabi Muhammad, potongan jenggot Sang Nabi, surat Nabi Muhammad SAW yang ditujukan kepada Mukavkis dari Mesir (surat ini ditulis di daun kurma, ditemukan di Mesir tahun 1850), stempel Sang Nabi, cambuk dan pedang Nabi Muhammad SAW, jubah, dan berbagai peralatan Kakbah pada masa-masa awal. Juga berbagai peralatan Para Sahabat Nabi, diantaranya pedang 4 Sahabat Nabi, yakni Abubakar, Umar, Usman, dan Ali.


3. Underground Cistern



Terowongan bawah tanah ini dibangun setelah pemberontakan Nika di 532 AD. Ini dikenal sebagai terowongan bawah tanah Basilica, karena pada waktu itu terdapat Stoa Basilica. Pada perebutan jaman Ottoman Turki, terowongan ini tidak ditemukan. Terowongan ini ditemukan pada tahun 1545 dan digunakan sebagai taman air di Topkapi Palace.

4. St. Sophia Museum



Haghia Sophia terletak tidak jauh dari Blue Mosque. Gereja yang dibangun pada abad ke 6 ini dirubah menjadi masjid pada abad ke 15 oleh kesultanan Ottoman. Gedung tua berwarna merah bata ini ditambah bangunan minarat, mihrab, dan interior kesenian Islam lainnya sejak difungsikan menjadi masjid. Bangunan ini sekarang sudah menjadi museum. Seni Byzantin dan Nasrani masih tampak jelas di beberapa langit-langit dan dindingnya. Lukisan Maryam yang memangku nabi Isa, gambar malaikat Jibril, John II Comnenus dan isterinya Irene masih terlihat sebagai saksi sejarah. Walaupun setelah dijadikan masjid, gambar-gambar itu ditutup, namun sekarang dibuka kembali.Begitu banyak masjid tua di kota Istanbul.

5. Hippodrome



Hippodrome dulunya adalah tempat gelanggang pacuan kuda pada jaman Constantinople, yaitu ibu kota dari Kerajaan Byzantine. Saat ini lapangan Hippodrome di Istanbul ini dikenal sebagai Sultanamet Meydani (Sultan Ahmet Square), tetapi sering juga disebut atmeydani (lapangan kuda). Kata Hippodrome ini berasal dari Yunani, yaitu Hippos (Kuda) dan Dromos (jalan). Pada jamam dahulu perlombaan pacuan kuda sangat terkenal, terutama di kota Yunani era Hellenistic, Roman, dan Byzantine.

6. Taksim Square



Tempat ini adalah pusat kota Istanbul. Banyak hotel dan restoran di dekat lapangan ini. Nama jalannya adalah Istiklal, dimana sebagai pusat terminal bus lokal untuk transportasi umum dan stasiun kereta bawah tanah. Jalanan ini juga terdapat banyak bar, klub malam, bioskop, maka itu selalu ramai dengan anak-anak muda. Lapangan ini juga selalu menjadi tempat pertemuan untuk merayakan malam tahun baru.
Lapangan ini juga terdapat monumen kemerdekaan, yang menceritakan tentang Ataturk sebagai pejuang republik. Monumen ini dibuka pada tahun 1928. Lalu selama era Ottoman pada masa Sultan Mahmut, lapangan ini merupakan tempat utama saluran air dari semua kota-kota yang ada di sekitar Istanbul. Karena itu nama lapangan ini diambil dari nama batu besar yang ada di waduk ( Taksim artinya pendistribusian / penyaluran ).

7. Dolmabache Palace



Ini adalah istana yang bergaya arsitektur Eropa dan dibangun oleh Sultan Abdulmecid antara tahun 1842-1853. Istana ini bernilai 35 ton emas. Untuk hiasan pada dinding dan langit-langitnya saja sudah menghabiskan 14 ton emas. Di tengah - tengah istana, terdapat tempat lilin yang terbesar di dunia terbuat dari kristal yang diberikan oleh Ratu Victoria.
Istana ini terdiri dari 3 bangunan, yaitu : Selamlik (3/4 ruangan untuk sang sultan), Muayede Salonu (tempat untuk hiburan bila ada pesta kerajaan), dan Harem-I Humayun (tempat tinggal untuk keluarga Sultan). Luas istana ini adalah 45.000 m2, yang terdiri dari 285 kamar, 46 ruangan, 6 ruangan untuk mandi (hamam) dan 68 toilet, itu semua ditutupi dengan karpet sepanjang 4.454 m2.

SHOPPING di ISTANBUL

1. Grand Bazaar



Di Turki disebut Kapalicarsi, merupakan salah satu pasar terbesar di dunia dengan 4400 toko, 3000 perusahaan, 64 jalanan, 25.000 pegawai, 4 air mancur, 2 masjid dan 22 gerbang pintu. Disini adalah tempat surga belanja bagi para pembeli dan sebuah kesempatan yang baik untuk menemukan keramah-tamahan orang Turki.

Bila kita membayangkan tempat ini, pasti sangat besar dan membingungkan tetapi sebenarnya tidak rumit. Yang harus dilakukan adalah tetap di jalan utama ( Kalpakcilarbasi Street, Jewelry Strees ). Tempat ini dibangun pada tahun 1464 pada jaman Mehmed II dan sudah mengalami banyak perbaikan yang diakibatkan karena kebakaran dan kerusakan gempa bumi. Selain tempat belanja, ada juga puluhan kafetaria dan pusat informasi bagi para turis.




TIPS BERKUNJUNG KE GRAND BAZAAR

• Pasar ini menyerupai labirin, sehingga penting untuk memahami peta pasar terlebih dahulu agar tak tersesat.
• Waspadai pencopet. Simpanlah uang Anda di tempat yang aman dan jangan memakai ransel di punggung.
• Jika tertarik pada satu jenis barang, coba tanyakan harga pada beberapa penjual sebelum mengajukan penawaran. Jangan tunjukkan wajah antusias ketika melakukan transaksi.
• Beranilah menawar barang, bahkan hingga 50% sekalipun. Jangan membeli barang bila Anda belum sepakati harganya. Tak ada istilah sungkan, tinggalkan saja kendati Anda sudah menawar.
• Minta diskon jika Anda sudah membeli banyak barang di satu toko.
• Jangan percaya begitu saja jika penjual berkata bahwa barangnya antik, karena jual beli barang antik dilarang di negeri ini.

2. Cevahir Shopping Mall


Istanbul Cevahir Mall adalah salah satu mall terbesar di Eropa dan di dunia dengan luas 67.000m2, dibuka untuk umum pada tanggal 15 Oktober 2005. Mall ini mempunyai 10 lantai dengan 6 lantai untuk 343 toko dan 4 lantai untuk tempat parkir yang dapat menampung 2500 kendaraan.
Letak mall ini sangat strategis karena ada di area metropolitan dan berada di sekitar area Topkapi. Didalamnya terdapat toko-toko dengan merek-merek terkenal, sepert : koctas, YKM, Debenhams, teknosa, Tepe home, Migros dan terdapat juga merek-merek lokal. Selain untuk tempat belanja, terdapat juga hiburan lainnya, seperti : Restoran, kafetaria, megaplex cinema, megaplex theater, theater, dan atlantik leisure park.

3. Istinye Park




Ini juga sebuah Mall yang modern dan saat ini salah satu yang terbesar di Istanbul, terdapat 300 toko dan dibuka pada tanggal 22 September 2007. Di mall ini lebih banyak merek-merek terkenal seperti : Hugo Boss, Maxmara, Louis Vuitton, ZARA, Boyner, Mango, M.A.C, Sephora, Sevil, Vakko, Debenhams, Dolce Gabbana, DIOR, PRADA, Celine dan Fendi. Selain itu terdapat juga theater, restoran modern, cafetaria, dan pasar swalayan.

4. Spice Market



Pasar lain yang unik dan terkenal adalah Spice Bazaar atau sering disebut Egyptian Bazaar. Bazaar ini dibangun tahun 1660 oleh Sultan dengan modal dari pajak yang diperoleh dari Kairo atas dagangan komoditas Mesir, terutama bumbu dan rempah-rempah. Kubah bazaar ini berbentuk L dan berada dalam satu kompleks masjid milik ibu sang Sultan. Selain harga yang ditawarkan sudah jauh lebih murah dibanding Grand Bazaar, disini kebanyakan yang datang adalah warga Istanbul, bukan turis. Sesuai dengan namanya, disini dijual beragam rempah-rempah. Mulai dari rempah untuk bahan makanan, daun pacar untuk rambut, daun teh asli Turki, ikan, sayuran, keju gelondongan, serta makanan pencuci mulut khas turki.


RESTORAN di ISTANBUL
1. Kumkapi Area



Adalah area restoran dekat tepi pantai yang terkenal dengan seafood local nya orang Istanbul. Seafood yang tidak ketinggalan dan harus Anda cobain adalah Calamari, Lobster, dan ikan segarnya.
Di tunjang dengan suasana terbuka, Kumkapi memang suatu keharusan unutk di kunjungi jika ke Istanbul.

2. Kervansaray Night Club



If you are planning to be in Ístanbul ,Kervansaray Restaurant & Night Club invites you to famous traditional Turkish show for an unforgettable night since 1949 the most legendary night club in Turkey has welcomed of millions of spectators who have come to admire the famous shows. Kervansaray Restaurant & Night Club offer private saloons which are ideal for events of every size and kind,including weddings,receptions,business meetings and parties.Whether you are planning for 10 or 500 guests ,our experienced special events staff will work with menu,arrange entertainment and special services and create the perfect setting for your event. Our chefs have designed menus that assure your guests impressive cuisine,with packages to fit any budget. Many international stars have performed on stage at the Kervansaray :Enrico Macias, Gilbert Becaud, Sylvie Vartan, Adamo, Peppino di Capri and famous well-known Turkish Stars. Every night at the sound of our orchestra guests from all over the world taste our delicious Turkish foods and make fun of Kervansaray Restaurant & Night Club's new show.


kapan yah aku kesana...

2 comments:

  1. kok fotonyaq nggak keliatan ya ?

    ReplyDelete
  2. Nah itu dia saya juga bingung waktu pertama kali nge post, fotonya lengkap dan full version...saya coba utak atik dulu yah...

    ReplyDelete